Waspadai Diabetes adalah silent killer

Diabetes sering disebut silent killer karena memiliki gejala yang samar. Cara terbaik untuk memastikan semuanya adalah dengan melakukan tes gula darah.

Hingga saat ini penderita diabetes terus mengalami kenaikan dar data yang dirilis Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) menyebutkan, pada 2007, jumlah penderita diabetes di Indonesia masih 5,7 juta jiwa. "Saat ini, di Indonesia sudah tercatat ada 8,6 juta orang yang terkena diabetes, meningkat cukup besar dari tahun 2007. Angka ini juga menempatkan Indonesia di peringkat ketujuh negara dengan penderita diabetes terbanyak tahun ini," kata Prof Rudi, saat menjadi narasumber pada Workshop Jurnalistik yang diadakan PT Novo Nordisk Indonesia di Jakarta, belum lama ini.
 
Harus di waspadi jika anda memiliki gejala-gejala seperti berikut ini, dan sangat di anjurkan untuk memriksakannya lebih lanjut ke pusat kesehatan atau dokter terdekat .
 
1. Sering buang air kecil dan haus berlebihan

Sering terbangun malam hari untuk buang air kecil bisa menjadi gejala diabetes. Pada kondisi ini, ginjal bekerja sangat aktif untuk menyingkirkan kelebihan glukosa dalam darah.

Sedang rasa haus yang berlebihan adalah respon tubuh untuk mengisi cairan yang hilang akibat sering buang air kecil. Kedua gejala ini berjalan seiring sebagai mekanisme tubuh untuk menurunkan kadar gula darah.

2. Kehilangan berat badan Yang derastis

Kadar gula darah yang tinggi bisa menjadi penyebab penurunan berat badan yang cepat, katakanlah 5-10 kilo selama dua atau tiga bulan (tapi ini bukan penurunan berat badan yang sehat).

Karena hormon insulin tidak mampu mengirim glukosa ke dalam sel untuk digunakan sebagai energi, tubuh mulai memecah protein dari otot-otot sebagai sumber energi alternatif.

Ginjal juga bekerja ekstra untuk menghilangkan kelebihan gula, dan menyebabkan kehilangan kalori yang dapat membahayakan ginjal.

3. Kelaparan

Rasa lapar berlebihan adalah tanda lain dari diabetes. Ini terjadi akibat kadar gula yang tinggi namun tidak dapat masuk ke dalam sel untuk digunakan dalam proses metabolisme.

Ketika kadar gula darah tidak dapat masuk ke dalam sel, tubuh berpikir belum mendapatkan asupan makanan sehingga mengirim sinyal lapar untuk mendapatkan glukosa lebih banyak agar sel-sel dapat berfungsi.

4. Masalah kulit

Kulit gatal, dan kering, bisa menjadi tanda diabetes. Contoh lain adalah acanthosis nigricans yaitu penggelapan kulit di sekitar leher atau ketiak.
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ini Cuma Gosip ? - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger